/ 289 Views
by

Situs Watu Kejel, Harta Karun Potensi Desa Damarwulan, Kecamatan Keling yang terabaikan.

Briserlink.com | Desa Damarwulan Kecamatan Keling yang terletak di daerah perbatasan Kabupaten Jepara dengan Kabupaten Pati adalah desa penuh sejarah yang menyimpan ‘harta karun’ yang terabaikan yang lebih dikenal *Situs Watu Kejel* yang terletak di Bukit Kejel sehingga untuk mengelolanya perlu kerjasama semua pihak agar masyarakat menjadi sadar dan paham betapa pentingnya mengangkat potensi desa untuk menggerakkan ekonomi masyarakat damarwulan.

Untuk menuju ke bukit kejel kita perlu waktu guna menempuh perjalanan sejauh 37 KM atau sekitar 60 menit perjalanan dari pusat Kota Jepara. Dan Pada Jum’at, 11 Februari 2022, Ketua LPM Jas Hitam Adv.H.Heni Purwadi, SH. Memaparkan bahwa di Bukit Kejel terdapat Situs Watu Kejel yang menyimpan misteri sejarah yang harus segera diungkap dan dilestarikan agar mampu menjadi gerbong peningkatan UMKM di desa damarwulan dari berbagai sektor yang memiliki kualitas super. Mulai dari UMKM Kopi Damarwulan yang kas, Kerajinan GELANG yang berbahan dasar benang, Keripik pisang, keripik ketela, rengginang, aneka minuman empon – empon, dll.

Di Desa Damarwulan sedang di rintis obyek wisata alam dan edukasi kopi serta religi yang di kelola LPM Jas Hitam yaitu “Wisata Alam Bukit Kejel Stories”. Yang mana LPM Jas Hitam bersama Formades (Forum Masyarakat Desa) Damarwulan berinisitif mengangkat Bukit Kejel Damarwulan, agar wisatawan dapat menikmati pemandangan alam perbukitan dan persawahan serta kebun kopi dengan hembusan angin sepoi yang sejuk sembari minum kopi damarwulan dan jajanan khas pedesaan lainnya yang dijajakan di sekitar kawasan Bukit Kejel.

Di bukit kejel banyak spot foto yang menarik seperti Batu batu besar, gazebo bambu, gardu pandang dan kursi-kursi bambu antik. Adapun Keunggulan destinasi wisata ini adalah deretan batuan besar di perbukitan dengan sawah terasering yang terhampar sepanjang tatapan mata yang indah, sejuk dan asri alami serta damai.

Suasana Kebun kopi di sekitar bukit kejel membuat suasana begitu nyaman dan sejuk, serta untuk memberikan ketenangan bagi wisatawan yang datang telah dibangun fasilitas tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi/toilet dan fasilitas ibadah.

Selain sebagai obyek wisata, lingkungan bukit kejel ini adalah tempat yang cocok untuk meditasi dan berdzikir serta mawas diri atau merenung karena terdapat Situs Bukit Kejel yang menyimpan sejuta misteri yang belum terungkap. Namun sayang beribu sayang pihak desa maupun dinas terkait belum mengulurkan tangannya untuk pembinaan dan pendampingan wisata alam Bukit Kejel.

BLC.tim

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed