/ 326 Views
by

LMPI Macab Jepara dan FORMADES Korwil Jepara hadir dalam Sosialisasi dan Gerakan Cegah Diabetes Melitus (DM)bagi Ormas yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara,

Briserlink.com| Perwakilan LMPI Macab Jepara dan FORMADES Korwil Jepara turut hadir dalam Sosialisasi dan Gerakan Cegah Diabetes Melitus (DM) bagi Ormas yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara guna memperingati Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Nopember 2021.

Acara tersebut di selenggarakan pada hari Senin, Tanggal 15 Nopember 2021 mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai, yang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Adapun tujuan acara adalah untuk memberikan gambaran dan pencegahan tentang Penyakit Diabetes Melitus pada Ormas Jepara agar selanjutnya di teruskan pada anggotanya dan masyarakat umum.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri peningkatan kadar gula (glukosa) darah. Pradiabetes merupakan peningkatan kadar gula darah dari kadar normal tapi belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes. Jika tanpa ikhtiar dan penanganan, maka pradiabetes mungkin berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam jangka waktu tertentu.

Adapun tanda-tanda dan gejala terjadinya pradiabetes dan diabetes antara lain adalah haus lebih cepat, sering buang air kecil, sering merasa cepat lelah, penglihatan buram, kulit menggelap (biasanya di leher, ketiak, siku, lutut dan kuku-kuku jari). Selain itu, tanda-tanda dan gejala terjadinya prediabetes dan diabetes adalah adanya gejala asam urat seperti nyeri pada, otot, dan tulang atau pembengkakan dan nyeri pada jempol kaki.

Apa sih penyebab terjadinya pradiabetes dan diabetes? Faktor keturunan keluarga dan diyakini berperan besar dalam menyebabkan pradiabetes. Selain itu, tubuh yang jarang bergerak serta adanya ketersediaan lemak di beberapa bagian tertentu dalam tubuh juga dapat meningkatkan risiko mengalami diabetes.

Diabetes Mellitus (DM) yang terjadi begitu lama dapat menyebabkan pembuluh darah dan menimbulkan komplikasi kronik. Beberapa contoh komplikasi dari DM adalah penyakit jantung, stroke, gagal ginjal kronis, Neuropati diabetik, gangguan penglihatan, katarak, depresi, gangguan pendengaran, luka dan infeksi pada kaki yang sulit sembuh, serta kerusakan kulit akibat infeksi bakteri dan jamur.

Adapun upaya pencegahan (Pencegahan) DM adalah dengan rajin berolahraga, Idealkan porsi, kurangi makanan/minuman manis, kekurangan makanan makanan, mengetahui penyebab diabetes, biasakan sarapan pagi setiap hari, buat berat badan menjadi ideal, istirahat yang cukup dan teratur, hindari stres berlebihan, serta utamakan konsumsi sayur dan buah.

Selanjutnya acara ditutup dan diakhiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, dengan penjelasan dan harapan kepada Ormas Jepara agar selanjutnya informasi dalam sosialisasi ini di teruskan pada seluruh anggotanya dan masyarakat umum.

*Blc-tim/SH*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed