/ 131 Views
by

LMPI Macab Jepara bersama FORMADES Korwil Jepara Hadiri Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara,

Briserlink.com| Perwakilan LMPI Macab Jepara bersama FORMADES Korwil Jepara menghadiri Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) yang di selenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara dengan Germas.

Acara tersebut di selenggarakan pada hari Hari Kamis, tanggal 14 Oktober 2021 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, yang bertempat di Aula IFK Jepara jl. Botol Putih Jepara (Depan Kantor Kemenag Jepara) yang di hadiri oleh organisasi masyarakat antara lain Formades, LMPI, Tokoh Masyarakat dan lain lain.

Adapun tujuan acara adalah untuk memberikan gambaran dan pencerahan tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) yaitu penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Adapun yang termasuk kategori PTM ini diantaranya adalah stroke, penyakit jantung koroner, kanker, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Penyakit tidak menular (PTM) adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang melalui bentuk kontak apa pun. Meski demikian, beberapa macam penyakit tidak menular tersebut memiliki angka kematian yang cukup tinggi.

Angka kematian akibat penyakit tidak menular tergolong tinggi. Berdasarkan data dari WHO di tahun 2018, diperkirakan ada sekitar 41 juta orang yang meninggal akibat penyakit tidak menular setiap tahunnya. Data tersebut menunjukkan bahwa hampir 71% angka kematian di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, diperkirakan sedikitnya ada 1,4 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit tidak menular. Kebanyakan penyakit tidak menular bersifat menahun (penyakit kronis).

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tidak menular, di antaranya faktor genetik atau turunan, usia lanjut, serta faktor lingkungan, seperti polusi.

Selanjutnya acara ditutup dan diakhiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, dengan penjelasan bahwa penyakit tidak menular juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memilki gaya hidup kurang sehat, misalnya: Kurang olahraga, Kebiasaan merokok, Konsumsi alkohol, Pola makan tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi kolesterol, garam dan gula, serta kurang mengonsumsi sayur dan buah.

*Blc-tim/SH*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed