/ 424 Views
by

Baret Miring “Kiri Atau Kanan” Itu Memiliki Arti Tersendiri.

Baret miring “Kiri atau Kanan” juga memiliki arti tersendiri.

Arah miring baret dari TNI, Polri atau Pramuka menandakan tugas yang dimilikinya. Baret yang dikenakan dengan miring ke kiri adalah baret dari pasukan yang bertugas sebagai pelindung keamanan dan penegakkan hukum. Baret ini dikenakan oleh anggota Polri dan anggota TNI yang berdinas sebagai Polisi Militer.

Baret yang dikenakan dengan miring ke kanan adalah baret dari pasukan yang dipersiapkan untuk bertempur dalam medan perang. Baret miring ke kanan ini dikenakan oleh seluruh anggota TNI, kecuali yang berdinas di Polisi Militer.

Sebagaimana baret TNI, Baret Menwa dan baret Pramuka juga dikenakan dengan miring ke kanan. Hal ini dikarenakan, dalam sejarah kelahirannya, Menwa adalah berasal dari Tentara pelajar, begitu juga Pramuka merupakan organisasi pasukan tempur cadangan.

Menwa juga pernah turut berperang yang dulu dikenal sebagai Tentara Pelajar, Menwa juga ditugaskan untuk memberi bantuan kepada para pejuang perang.

Pramuka tidak langsung berperang, namun kepanduan (Pramuka era dulu) ditugaskan untuk memberi bantuan kepada para pejuang perang. Seperti, ketika ada pejuang yang terluka, maka Pramuka bertugas menggotong hingga merawatnya.

Bagaimana dengan ORMAS atau perkumpulan badan hukum….????

#Untuk mudahnya, adalah :
*Miring kekiri penegakan hukum sipil
*Miring kekanan pertahanan negara dan bela negara.

*Sultan#Hannan*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed